Apa yang Dimaksud Dengan Sumber Daya Alam? Jawabannya Disini

Sumber-Daya-Alam

Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kamu untuk mengulas jawaban dari pertanyaan apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang kamu tanyakan di Google, iya kan?

Tenang saja, hal tersebut tentunya tidak mengapa, malah ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang haus akan ilmu yang selalu ingin tahu.

So, langsung saja kita simak bersama ulasannya yang berikut ini.

Sumber Gambar dari Situs Pixabay Dot Com

Apa yang Dimaksud Dengan Sumber Daya Alam?

Kamu penasaran dengan arti sumber daya alam kan?

Tentunya ada banyak sekali pengertian atau definisi dari sumber daya alam, baik itu yang merupakan pernyataan individu atau organisasi.

Namun secara garis besar kita bisa mengartikan sumber daya alam sebagai segala sesuatu yang ada di alam ini yang bisa dimanfaatkan bagi kebutuhan hidup manusia.

Nah kalau kamu punya definisi atau pengertian sendiri seputar sumber daya alam, kamu bisa menuliskannya di dalam kolom komentar yang ada di bawah ya.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Secara umum, kita bisa mengelompokkan sumber daya alam menjadi 2 jenis yaitu sumber daya alam hayati (biotik) dan sumber daya alam non hayati (abiotik).

1. Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)

Secara harfiah artinya adalah sumber daya alam yang hidup, maksudnya makhluk hidup yang bisa kita manfaatkan di dalam kehidupan ini.

Pada umumnya sumber daya alam hayati berasal dari tumbuhan (pepohonan) dan hewan, walaupun ada juga yang lainnya seperi mikroba, virus, bakteri, dan yang lainnya.

Salah satu contoh sumber daya alam hayati adalah pohon kelapa, buah kelapanya bisa dimakan, dahannya untuk kayu bagunan, daunnya untuk ketupat dan janur, serabutnya untuk mencuci, batok kelapanya bisa dimanfaatkan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)

Tentunya ini kebalikan dari sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam yang kita manfaatkan dari makhluk mati (yang tidak hidup)

Ada banyak sekali sumber daya alam non hayati yang bisa kita manfaatkan seperti angin, air, tanah, udara, minyak bumi, gas alam, barang tambang, dan yang lainnya.

Sebagai contoh adalah kita banyak memanfaatkan barang tambang dalam kehidupan ini seperti misalnya emas, perak, perunggu, batubara, nikel, timah, bauksit, dan lainnya.

Sifat-sifat Sumber Daya Alam

Kita bisa membagikan sifat-sifat sumber daya alam menjadi 3 yaitu sumber daya alam yang daat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang kekal:

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Maksudnya adalah sumber daya alam ini bisa dibuat atau dipuihkan kembali seperti misalnya kelapa sawit, teh, kopi, ikan, udang, kepiting, dan yang lainnya.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Maksudnya adalah sumber daya alam ini tersedia dalam jumlah yang terbatas sehingga tidak bisa dibuat atau dipulihkan kembali, contoh dari sumber daya alam ini adalah emas, perak, tembaga, perunggu, minyak bumi, gas alam dan yang lainnya.

3. Sumber Daya Alam yang Kekal

Maksudnya adalah sumber daya alam ini tersedia dalam jumlah yang banyak dan tidak mungkin habis selama bumi masih ada, contohnya adalah air, angin, udara, sinar matahari, gelombang, pasang surut air laut, panas bumi, dan lainnya.

Mungkin hanya sekian saja ulasan ringkas kami mengenai sumber daya alam, semoga materi ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca yang budiman.

(Visited 47 times, 1 visits today)
You May Also Like