Sebutkan Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Isinya?

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Bersamaan dengan ini akan kami sebutkan jenis-jenis iklan berdasarkan isinya yang tentu saja perlu untuk kamu ketahui bersama.

Tentunya kami berharap artikel ini bisa menjadi referensi dan juga rujukan untuk kamu semua dalam menambah khazanah pengetahuan kamu seputar periklanan.

Oke langsung saja kita simak bersama infonya yang satu ini, check this out:

Sumber Gambar ini dari Situs Need Pic Dot Com

Informasi Singkat Seputar Iklan

Sebelum kita membahas mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, alangkah lebih baiknya untuk kita mengenai iklan itu sendiri, setuju kan?

Kami akan menginformasikan pengertian atau definisi iklan dari ahlinya yaitu Paul Peter dan Jerry Olson yang merupakan penulis buku asal Amerika Serikat yang salah satu bukunya adalah Consumer Bahavior and Marketing Strategy.

Menurut Peter dan Olson, iklan merupakan “any non-personally paid information on products, brands, companies, or stores. Ads aim to influence consumers’ affection and cognition, evaluation, emotion, knowledge, meaning, trust, attitude, and image on products and brand advertised.”.

Arti dalam Bahasa Indonesianya adalah “segala bentuk informasi berbayar yang sifatnya non-personal mengenai produk, brand, perusahaan atau toko. Tujuan iklan adalah mempengaruhi kesukaan, keyakinan, penilaian, emosi, pengetahuan, pengertian, kepercayaan, perilaku, serta gambaran mengenai produk dan brand yang diiklankan.”.

Baca Juga : Mengenali Iklan Layanan Masyarakat dan Tujuannya

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Setelah kita mengetahui dengan singkat terkait pengertian atau definisi dari iklan, saatnya kita langsung kepada materi jenis-jenis iklan berdasarkan isinya.

Dan di bawah ini adalah macam-macam iklan berdasarkan isinya :

1. Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan ini isinya adalah produk niaga yang ditawarkan kepada khalayak ramai, produk tersebut bisa berupa barang, jasa, atau ide. Contoh dari iklan niaga adalah iklan jual mobil, iklan service handphone, iklan jual motor, iklan service komputer, dll

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini isinya adalah informasi atau edukasi kepada masyarakat luas untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, tujuannya adalah memberikan penerangan atau pemahaman kepada orang banyak akan suatu informasi yang penting.

Contohnya adalah iklan keluarga berencana, iklan untuk di rumah aja selama masa pandemi, iklan untuk tidak mudik selama pandemi, dll

3. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)

Iklan ini dibuat untuk dengan tujuan orang lain mengetahui suatu informasi atau pemberitahuan, contohnya adalah iklan duka cita, iklan acara reuni, iklan rapat umum pemegang saham, iklan pembubaran perusahaan, dll.

4. Iklan Permintaan

Iklan yang seperti ini isinya meminta pmasyarakat tertentu untuk bekerjasama dengan pihak yang mengiklankan, contohnya adalah iklan lowongan kerja, dll.

Baca Juga : Bagaimana Bahasa Iklan Itu? Inilah Jawabannya

Dimana Iklan-iklan Tersebut Bisa Kita Lihat?

Untuk iklan niaga dan juga iklan layanan masyarakat, kita bisa melihatnya diberbagai macam media baik itu media cetak maupun media elektronik.

Untuk iklan pengumuman dan iklan permintaan, nampaknya sudah jarang ditemukan kalaupun ada paling bisa kita lihat di koran-koran.

Mungkin hanya sekian saja info dari kami mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

(Visited 32 times, 1 visits today)
You May Also Like