Tulisan yang berikut ini akan menjelaskan secara detail mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia yang tentu saja perlu untuk kita ketahui.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini, lets check this out:

Persatuan Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia
Sumber Gambar dari Flickr

Mengenali Makna dari Persatuan

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai mengapa persatuan itu penting bagi Bangsa Indonesia, ada baiknya kita memahami apa itu persatuan.

Sebuah referensi menyebutkan bahwa persatuan itu berasal dari kata “satu” yang artinya utuh atau tidak terpecah belah. Dan persatuan itu sendiri dimaknai sebagai bersatunya berbagai macam komponen yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan utuh yang memiliki keserasian.

Referensi lain menyebutkan bahwa persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) dari beberapa bagian yang sudah bersatu.

Jadi, kamu sudah mengerti kan apa itu persatuan?

Pentingnya Persatuan bagi Bangsa Indonesia

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia ini adalah negara yang majemuk. Oleh sebab itu, persatuan adalah hal yang sangat penting dalam menjaga integrasi dan kedaulatan Bangsa dan Negara Indonesia ini.

Persatuan merupakan merupakan sebuah simpul yang dapat mengokohkan masyarakat Indonesia yang heterogen. Dengan persatuan, kita menjadi suatu kesatuan yang utuh dan tidak mudah untuk dipecahbelah.

Persatuan merupakan modal utama kita sebagai Bangsa Indonesia untuk menghadapi ancaman, hambatan, tantangan dan ganguan sehingga integrasi nasional senantiasa terjaga dan terhindari dari jurang disintegrasi bangsa.

Lalu, Apa Saja yang Membuat Kita Bersatu?

Tentunya kita memiliki banyak sekali faktor yang membuat kita bersatu. Dan di bawah ini adalah faktor-faktor pembentuk integrasi Bangsa Indonesia, yaitu:

  1. Adanya rasa senasib sepenanggungan.
  2. Pancasil sila ke 3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia”.
  3. Bhinneka Tungga Ika yang merupakan semboyan negeri ini.
  4. Tekad dan hasrat untuk bersatu seperi dalam Sumpah Pemuda.
  5. Ancaman dari luar dapat membuat semangat nasionalisme.
  6. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang mempersatukan.
  7. Semangat persatuan seperti pada saat Sumpah Pemuda.
  8. Budaya kerja bakti dan juga gotong royong.
  9. Sikap toleransi dan juga tepa selira.
  10. Cinta tanah air dengan menggunakan produk-produk dalam negeri.

Mungkin cukup sekian saja ulasan singkat kami mengenai materi ini, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca yang budiman.

Sharing is caring!

Leave a Reply