Pengaruh Letak Geologis Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai pengaruh letak geologis Indonesia yang tentunya perlu untuk kita ketahui bersama.

Semoga dengan membaca referensi ini kita semakin tahu akan Indonesia yang kelak akan bermuara kepada kecintaan kita terhadap negeri ini.

Mari kita simak bersama infonya yang berikut ini, lets check this out:

Sumber Gambar dari Wikimedia Commons

Jelaskan Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Sebelum kita membahas kepada pengaruhnya, ada baiknya kita mengenal sedikit mengenai letak geologis dari Indonesia, oke?

Letak geologis diartikan sebagai letak suatu tempat berdasarkan kondisi atau keadaan geologisnya seperti batu-batuan sebagai penyusun lapisan bumi.

Tentu kamu mau tahu letak geologis Indonesia kan? dan di bawah ini poin-poinnya :

  1. Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia yaitu Lempeng Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.
  2. Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia yaitu Pegunungan Sirkum Pasifik dan Pengunungan Sirkum Miditerania.
  3. Indonesia terletak di daerah tiga dangkalan yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan Dangkalan Laut Pertengahan Australia Asiatis.

Lalu apa pengaruh ini bagi Indonesia? Dan di bawah ini adalah poin-poinnya :

1. Memiliki Banyak Gunung Berapi Aktif

Letak geologis Indonesia yang dilalui oleh dua rangkaian pegununganya dunia yaitu Pegunungan Sirkum Mediterania dan Pegunungan Sirkum Pasifik membuat Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif.

Menurut referensi dari website Kementerian ESDM, jumlah gunung berapi yang masih aktif di Indonesia ada 127 gunung berapi, dan itu membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan gunung berapi aktif terbanyak di dunia.

2. Memiliki Tanah yang Subur

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa negeri ini memiliki banyak sekali gunung-gunung berapi yang masih aktif dengan segala macam aktifitasnya.

Nah, aktifitas gunung berapi yang menghasilkan abu dan lahar ini bisa membentuk tanah vulkanik yang subur untuk pertanian dan perkebunan.

3. Kaya Akan Hasil Tambang

Negara Indonesia memiliki banyak sekali cekungan sedimen yang disebabkan karena aktifitas teknonik yang ada, hal ini bisa mengakomodir sedimen yang berubah menjadi batuan atau mineral lain yang kelak akan mengendap di dalam tanah.

Nah, hal inilah yang membuat Negara Indonesia memiliki hasil tambang yang kaya raya seperti misalnya emas, perak, besi, timah, dan lainnya.

4. Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Tinggi

Tentunya kita mengetahui bahwa negara Indonesia yang kita cintai ini merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.

Salah satu sebabnya adalah karena di Indonesia terdapat tiga dangkalan besar yang kaya akan flora dan faunanya.

5. Daerah Rawan Bencana

Letak geologi Indonesia membuat negeri ini menjadi daerah rawan bencana seperti misalnya gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor dan yang lainnya.

Bahkan banyak yang menyebut Indonesia sebagai “Ring of Fire”, sebuah istilah untuk daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudera Pasifik.

Mungkin sekian saja review singkat dari kami seputar pengaruh lekat geologis Indonesia, semoga ini bisa bermanfaat untuk kamu para pembaca yang budiman.

(Visited 515 times, 31 visits today)
You May Also Like