Jelaskan Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami untuk menyampaikan sesuatu atau lebih tepatnya menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia.

Semoga dengan ulasan yang ringkas ini kamu bisa mengetahui lebih banyak lagi seputar Indonesia dan semakin mencintainya negeri ini.

Oke langsung saja kita simak bersama infonya yang berikut ini, check this out:

Sumber Gambar dari Wikimedia Commons

Jelaskan Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Sebelum kita menjelaskan secara ringkas mengenai berbagai macam pengaruh dari letak geografis Indonesia, ada baiknya kita mengenali letak geografis Indonesia itu sendiri, setuju kan?

Letak geografis diartikan sebagai letak suatu daerah yang dilihat berdasarkan kenyataannya atau aslinya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lainnya.

Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa letak geografis Indonesi adalah terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta terletak diantara dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik).

Dan di bawah ini adalah pengaruh letak geografis Indonesia :

1. Indonesia Beriklim Tropis

Selain karena letaknya yang berada di daerah garis khatulistiwa, Indonesia terletak diantara dua samudera besar yang membawa angin laut.

Angin laut ini terbang ke daratan Indonesia yang membuat banyak hujan, ini pula yang menyebabkan Indonesia beriklim tropis.

2. Indonesia Memiliki Dua Musim

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa negeri ini memiliki dua musim, ayitu musim kemarau (panas) dan musim penghujan (dingin).

Kamu perlu mengetahui kalau ini dipenegaruhi karena adanya angin musim yang berhembus setiap enam bulan sekali.

3. Di Tengah Jalur Perdagangan Internasional

Letaknya yang berada diantara dua samudera dan juga dua benua membuat Indonesia benar-benar berada ditengah jalur perdagangan dunia.

Kondisi geografis yang seperti ini hendaknya bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mendatangkan devisa negara yang lebih besar lagi.

4. Memiliki Banyak Mitra Dagang

Posisi negara Indonesia yang berada di garis silang dunia yang begitu stratagis membuat negeri ini memiliki banyak mitra perdagangan.

Hal ini membuat Indonesia berkembang secara perekonomian dan diakui dunia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terkuat (Menurut IMF, Indonesia merupakan negara terbesar ke 15 dari sisi GDP).

5. Aktif Membangun Hubungan Luar Negeri

Dengan posisinya yang sangat strategis, Indonesia memiliki akses yang begitu mudah untuk ikut membangun hubungan kerjasama dengan luar negeri.

Hubungan tersebut bisa dalam bentuk kerjasama bilateral, kerjasama multilateral, atau ikut dalam organisasi regional dan internasional.

6. Kaya Akan Budaya

Letaknya yang strategis diantara dua benua membuat Indonesia didatangi oleh banyak orang yang membawa budayanya masing-masing.

Jadi tidaklah mengherankan jika terdapat banyak sekali budaya yang ada di Indonesia, baik itu yang masih asli maupun yang sudah terakulturasi.

7. Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Luar Biasa

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia, terbesar ke dua setelah Negara Brazil.

Beberapa hewan atau tumbuhan Benua Asia atau Benua Australia, ada di Indonesia. Begitu juga dengan makhluk hidup laut yang ada di Samudera Hindia atau Samudera Pasifik, ada juga di perairan-perairan Indonesia.

8. Kaya akan Sumber Daya Alam

Keadaan geografis Indonesia yang berada di Lipatan Muda, Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang ada di bawah tanah (pertambangan) seperti misalnya minyak bumi, batu bara, gas alam, dan yang lainnya.

Nah itulah penjelasan dari kami mengenai pengaruh dari letak geografis Indonesia, jika kamu memiliki masukan dan saran bisa tulis di dalam kolom komentar di bawah.

Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya.

(Visited 12 times, 1 visits today)
You May Also Like