Mengenali Nama Mata Uang Negara ASEAN

Mata Uang Negara ASEAN

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai nama-nama mata uang negara ASEAN yang tentu saja perlu untuk kita ketahui bersama.

ASEAN merupakan salah satu organisasi dimana Indonesia menjadi anggota sekaligus pendirinya, oleh sebab itu sudah seharusnya kita mengetahui sedikit tentangnya.

Oke langsung saja kita simak bersama infonya yang berikut ini, check this out:

Mata Uang Negara ASEAN
Sumber Gambar dari Situs Wikimedia Commons

Sekilas Info Mengenai ASEAN

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai mata uang negara-negara yang ada di ASEAN, tentu ada baiknya untuk membahas sekilas mengenai organisasi tersebut.

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asia Nations yang dalam Bahasa Indonesia berarti Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tengara (PERBARA).

ASEAN merupakan organisasi multilateral regional artinya organisasi ini terdiri dari banyak negara yang berada dalam satu kawasan, dalam hal ini adalah Asia Tenggara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada dalam organisasi ini, negara kita tercinta adalah salah satu anggota sekaligus pendiri organisasi ini.

ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 yang dibentuk oleh negara yang berada di kawasan Asia Tengara.

Baca Juga : Inilah Kepanjangan ASEAN yang Perlu Untuk Kamu Ketahui

Nama Mata Uang Negara ASEAN

Setelah kita mengetahui sekilas mengenai organisasi ASEAN, langsung saja kita simak bersama ulasan yang berikut ini mengenai nama-nama mata uang negara di ASEAN.

Dan di bawah ini adalah nama mata uang negara-negara ASEAN:

  1. Rupiah, merupakan mata uang dari negara Indonesia.
  2. Ringgit, merupakan mata uang dari negara Malaysia.
  3. Dollar Singapura, merupakan mata uang dari negara Singapura.
  4. Bath, merupakan mata uang dari negara Thailand.
  5. Peso, merupakan mata uang dari negara Filipina.
  6. Dollar Brunei, merupakan mata uang dari negara Brunei Darussalam.
  7. Kip, merupakan mata uang dari negara Laos.
  8. Dong, merupakan mata uang dari negara Vietnam.
  9. Riel, merupakan mata uang dari negara Kamboja.
  10. Kyat, merupakan mata uang dari negara Myanmar.

Baca Juga : ASEAN Didirikan Pada Tanggal? Jawabannya Disini

Mata Uang Bersama ASEAN

Sebagai mana yang kita ketahui bersama bahwa Eropa sebagai kekuatan ekonomi sebuah kawasan sudah memiliki mata uang bersama yaitu Euro.

Bagaimana dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara?

Sebenarnya jika negara-negara di Asia Tenggara ini bersatu akan membentuk kekuatan ekonomi yang besar mengingat ASEAN merupakan salah satu pasar dunia yang tumbuh dengan begitu cepat (sebelum terjadinya pandemi covid 19 tahun 2020).

Tentunya sebagai warga ASEAN kita menunggu terobosan ini, kalau dirasa baik untuk negara dan kawasan, tentu tidak salah untuk dilakukan.

Mungkin sekian saja ulasan kami mengenai mata uang di ASEAN, semoga informasi ringkas ini bisa memberikan manfaat untuk kamu semua.

(Visited 23 times, 1 visits today)
You May Also Like