Berikut ini adalah tulisan kami mengenai komponen sistem pertahanan keamanan yang perlu untuk kita ketahui bersama sebagai warga negara.

Untuk itu mari kita simak bersama tulisannya yang berikut ini, check this out:

Komponen Sistem Pertahanan Keamanan
Sumber Gambar dari Flickr

Pentingnya Pertahanan dan Keamanan Negara

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Indonesai memiliki wilayah yang begitu luas. Oleh sebab itu, diperlukan usaha ektra untuk menjaga pertahanan dan keamanan negeri ini agar selalu stabil.

Pertahanan dan keamanan sebuah negara amatlah penting. Dengan ini, negara akan semakin mudah mencapai cita-citanya dalam rangka mensejahterakan masyarakat, menbangun stabilitas ekonomi, menciptakan keadilan sosial, dll.

Namun perlu diketahui bahwa ada komponen dari sistem pertahanan dan keamanan yang perlu untuk kita ketahui bersama, dan inilah penjelasan singkatnya:

Komponen Sistem Pertahanan Keamanan Nasional

1. Komponen Utama

Komponen utama ini dipersiapkan untuk melaksanakan tugas-tugas pertahanan dan keamana negara. Komponen utama ini adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terdiri dari Angkatan Darat (TNI AD), Angkatan Udara (TNI AU) dan juga Angkatan Laut (TNI AL).

Selain itu ada juga Kepolisian yang tugas utamanya adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat.

2. Komponen Cadangan

Komponen cadangan ini adalah Sumber Daya Nasional yang telah dipersiapkan atau dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat sistem kekuatan dan kemampuan dari komponen utama yang ada.

3. Komponen Pendukung

Komponen pendukung merupakan Sumber Daya Nasional yang dapat dipergunakan untuk bisa meningkatkan kekuatan dan kemampuan dari komponen utama dan komponen cadangan yang sudah ada.

Komponen pendukung ini tidak dipersiapkan dalam membentuk kekuatan nyata untuk perlawanan yang sifatnya fisik.

Komponen pendukung terdiri dari 5 segmen, yaitu:

  1. Paramiliter (Polisi Brimob, Menwa, Satpol PP, dll)
  2. Tenaga ahli / profesi.
  3. Industri.
  4. Sumber daya alam dan buatan untuk sarana dan prasarana.
  5. Sumber daya manusia.

Mungkin hanya sekian saja tulisan kami terkait dengan meteri ini, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian yang budiman.

Sharing is caring!

Leave a Reply