Iklan Non Niaga Adalah? Inilah Jawabannya

Iklan Non Niaga

Bersamaan dengan ini akan kami sampaikan ulasan yang ringkas mengenai iklan non niaga dan hal-hal lain yang terkait dengannya.

Semoga informasi ringkas yang kami buat ini bisa menjadi rujukan dan referensi untuk kamu mengenali iklan yang sifatnya lebih ke arah sosial ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai materi yang satu ini, silahkan simak baik-baik ulasan ringkasnya berikut ini, lets check this out:

Iklan Non Niaga
Sumber Gambar dari Skyram Technologies

Mengenali iklan Lebih Jauh

Sebelum kita membahas mengenai iklan non niaga lebih jauh lagi, ada baiknya kita membahas mengenai iklan itu sendiri terlebih dahulu, setuju kan?

Pertama-tama kita akan mengenali iklan itu dari pengertian atau deifnisi yang dikemukakan oleh sang ahli.

Kita akan mengambil pendapatnya Djasim Saladin yang merupakan akademisi dan juga penulis buku-buku terkenal seputar pemasaran dan manajemen.

Menurut Djasim Saladin, iklan adalah salah satu alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat dimana bentuk penyajian iklan ini sifatnya non personal.

Dari apa yang dikemukakannya kita menjadi tahu bahwa iklan haruslah bersifat persuasif, hal ini dilakukan agar masyarakat menjadi suka dan tertarik dengan produk yang diiklankan yang akhirnya mereka membeli produk tersebut.

Selain itu iklan juga sifatnya non-personal sehingga sangat cocok jika menggunakan media masa seperti koran, majalah, tv, radio, internet, dll.

Sekarang kamu tahu kan apa itu iklan?

Iklan Non Niaga Adalah?

Setelah kita mengetahui sedikit mengenai iklan itu sendiri, sekarang kita berlanjut kepada pembahasan seputar materi iklan non niaga, ayo kita mulai.

Sebelumnya kita harus tahu dulu jika iklan secara umum terbagi ke dalam dua kategori, mereka adalah :

  1. Iklan Niaga, ini iklan sifatnya menawarkan produk.
  2. Iklan Non Niaga, iklan ini lebih mengarah kepada kampanye sosial.

Niaga sendiri bisa kita artikan sebagai dagang atau mengambil keuntungan, sehingga iklan non-niaga bisa kita artikan secara singkat adalah iklan yang tidak berdagang, tidak mengambil keuntungan, atau iklan yang sifatnya lebih sosial.

Kita bisa memberikan pengertian atau definisi iklan niaga sebagai iklan yang isinya terdapat pesan-pesan moral untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan yang mereka hadapi.

Umumnya isi dalam iklan yang sifatnya sosial ada dua bentuk, yaitu :

  1. Ajakan untuk melakukan sesuatu.
  2. Ajakan untuk tidak melakukan sesuatu.

Sekarang kamu tahu lebih jauh seputar iklan sosial kan?

Mengenali Contoh-contoh dari Iklan Non Komersial

Setelah kita mengetahui mengenai iklan dan iklan non niaga, sekarang berlanjut kepada materi terkait dengan contoh-contoh dari iklan tersebut.

Kalau kita lihat di berbagai macam media yang ada di sekitar kita, jumlah iklan sosial jauh lebih sedikit dibandingkan dengan iklan komersial.

Dan di bawah ini adalah beberapa contoh dari iklan niaga :

  1. Iklan program Keluarga Berencana.
  2. Iklan mengenai bahaya merokok.
  3. Iklan terkait dengan bahaya narkoba.
  4. Iklan untuk menjaga hidup sehat.
  5. Iklan program 4 sehat 5 sempurna.
  6. Iklan program gemar makan ikan.
  7. Iklan untuk hemat listrik.
  8. Iklan sosial mencuci tangan.
  9. Iklan terkait menjaga kebersihan lingkungan.
  10. Iklan mengenai penanaman pohon.

Dan tentunya masih banyak lagi contoh-contoh dari iklan yang sifatnya tidak komersial yang bisa kita temui diberbagai macam media di sekitar kita.

Mungkin hanya sekian saja informasi yang bisa kami sampaikan mengenai iklan non komersial tersebut, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

(Visited 102 times, 1 visits today)
You May Also Like