Iklan Non Komersial Adalah? Inilah Jawabannya

Ciri Iklan

Bersamaan dengan ini akan kami sampaikan informasi yang ringkas mengenai iklan non komersial dan hal-hal lain yang terkait dengannya.

Semoga ulasan ringkas kami ini bisa memberikan kamu semua referensi atau rujukan mengenai iklan yang sifatnya sosial yang ada di media.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, silahkan simak baik-baik infonya berikut ini, so lets check this out:

iklan non komersial
Sumber Gambar ini dari Situs Pic Server Dot Org

Mengenali Lebih Jauh Seputar Iklan

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai iklan non komersial, ada baiknya bagi kita untuk mengenali lebih jauh mengenai iklan itu sendiri, oke?

Kita akan mengenali pengertian atau definisi dari iklan yang dikemukakan oleh seorang ahli yang bernama Ralph Samuel Alexander.

Beliau adalah seorang akademisi sekaligus penulis buku-buku seputar pemasaran yang banyak dijadikan referensi untuk karya ilmiah.

Menurut Alexander, iklan adalah setiap bentuk komunikasi non personal mengenai suatu produk, organisasi, layanan, atau ide, yang dibayar oleh suatu sponsor yang diketahui.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa iklan itu sifatnya dibayar, jadi individu atau organisasi sponsor tersebut membayar sejumlah uang untuk media yang digunakan, baik itu media cetak maupun media elektronik.

Nah, sekarang kamu tahu kan apa itu iklan?

Iklan Non Komersial Adalah?

Setelah kita mengetahui mengenai iklan itu sendiri, sekarang saatnya kita untuk mengenal lebih jauh mengenai iklan non komersial.

Dari namanya saja mungkin kita sudah bisa menebak bahwa iklan ini sifatnya tidak komersial atau tidak mencari keuntungan (profit), iklan ini biasanya disebut dengan iklan sosial atau iklan layanan sosial.

Singkatnya kita bisa mengartikan iklan non komersial sebagai iklan yang isinya berupa pesan-pesan sosial yang tujuan utamanya adalah membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap suatu masalah yang terjadi.

Isi iklan dalam iklan non komersial bisa berupa ajakan untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan.

So, apa Tujuan Iklan Non Komersial Itu?

Dari pembahasan sebelumnya kita bisa mengetahui bahwa iklan non komersial ini sifatnya bukan untuk mencari keuntungan (profit), melainkan untuk kepentingan sosial yang menyangkut orang banyak (masyarakat luas).

Tujuan utama dari iklan non komersial adalah untuk membangkitkan kepedualian masyarakat luas terhadap suatu permasalahan yang terjadi.

Contoh iklan non komersial antara lain adalah :

  1. Iklan Keluarga Berencana.
  2. Iklan menjaga kebersihan lingkungan.
  3. Iklan untuk melakukan reboisasi.
  4. Iklan untuk menjauhi narkoba.
  5. Iklan untuk rajin makan iklan.

Dan tentunya masih banyak lagi contoh-contoh dari iklan non komersial.

Mungkin hanya sekian saja informasi yang bisa kamu sampaikan seputar iklan non komersial, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

(Visited 92 times, 1 visits today)
You May Also Like