Berikut ini adalah tulisan saya mengenai hubungan antara persatuan dan keberagaman yang bisa menjadi referensi kamu dalam menulis.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak materinya berikut ini, check this out:

Hubungan Persatuan dan Keberagaman
Sumber Gambar dari Flickr

Mengenali Arti dari Persatuan dan Keberagaman

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai hubungan antara persatuan dan keberagaman, ada baiknya kita mengenali makna dari kedua kata tersebut.

Persatuan berasal dari kata satu yang diberikan imbuhan, artinya adalah utuh dan tidak terpecah-pecah. Menurut KBBI, persatuan adalah ikatan, kumpulan, dan sebagainya yang merupakan beberapa bagian yang sudah bersatu.

Keberagaman dapat kita artikan sebagai suatu kondisi atau keadaan di dalam masyarakat yang heterogen (terdapat perbedaan-perbedaan) seperti misalnya suku, ras, ideologi, agama, kepercayaan, budaya, bahasa, dan yang lainnya.

Setelah kita mengetahui arti atau makna dari kedua kata tersebut, ada baiknya kita langsung memahami hubungan diantara keduanya, check this out:

Hubungan Antara Persatuan dan Keberagaman

Persatuan dan keberagaman memiliki hubungan sebab akibat, dimana adanya keberagaman dapat berpotensi memperkuat persatuan dan kesatuan.

Tentunya ini selaras dengan semboyan negara kita tercinta yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara yang heterogen atau majemuk. Indonesia terdiri dari berbagai macam suka, ras, budaya, ideologi, agama, kepercayaan, bahasa, dan yang lain-lainnya.

Oleh sebab itu, hendaknya keberagaman ini dijadikan sebagai katalisator oleh kita semua sebagai masyarakat Indonesia untuk menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa Yang Membuat Perbedaan Bisa Bersatu?

Tentunya ada beberapa komponen yang harus kita ketahui bahwa perbedaan ini bisa menjadikan kita bersatu. Komponen tersebut yang biasa disebut sebagai alat pemersatua bangsa, yang point-pointnya bisa disimak di bawah ini:

  • Lambang Negara Indonesia, yaitu Burung Garuda.
  • Semboyan Negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.
  • Bahasa pemersatu Bangsa Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia.
  • Bendera Negara Indonesia, yaitu Bendera Merah Putih.
  • Lagu Kebangsaan Indonesia, yaitu Lagu Indonesia Raya.
  • Landasan konstitusional Negara Indonesia, yaitu UUD 1945.
  • Landasan ideologi Negara Indonesia, yaitu Pancasila.
  • Konsep Wawasan Nusantara.
  • Kebudayaan Daerah sebagai Kebudayaan Nasional.
  • Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nah mungkin hanya sekian saja materi saya mengenai hubungan antara persatuan dan keberagaman di dalam berbangsa dan bernegara.

Semoga tulisan saya yang satu ini bisa memberikan manfaat yang besar kepada kalian semua para pembaca yang budiman, terima kasih banyak.

Sharing is caring!

Leave a Reply