Tulisan saya yang berikut ini akan menjelaskan dengan singkat mengenai hikmah-hikmah dari beriman kepada hari akhir yang perlu kita ketahui.

Untuk itu mari kita sama-sama simak ulasan singkatnya yang berikut ini, lets check this out:

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir
Sumber Gambar dari Flickr

Iman Kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari kiamat merupakan salah satu dari rukun iman yang merupakan pondasi dari kita beragama, tepatnya rukun iman yang ke 5.

Iman kepada hari akhir artinya adalah percaya atau yakin dengan sepenuh jiwa raga bahwa seluruh alam semesta beserta isinya ini kelak akan mengalami kehancuran dan kita semua akan bertemu dengan kehidupan yang kekal abadi.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya bagi kita semua untuk membekali diri ini dengan amal-amal kebaikan supaya bisa menjadi manusia yang beruntung kelak.

Oia, kamu juga perlu mengetahui bahwa hari akhir ini memiliki nama-nama lainnya yang tentu saja perlu untuk kita ketahui bersama, yaitu:

  • Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)
  • Yaumud Din (Hari Pembalasan)
  • Yaumul Hasrah (Hari Penyesalan)
  • Yaumul Fashl (Hari Pemisahan atau Keputusan)
  • Dan masih banyak nama-nama lain hari akhir lainnya.

Baca Juga : Hikmah Iman Kepada Qada dan Qadar

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

  1. Percaya akan adanya hari akhir dapat membuat semakin bertambahnya iman dan takwa kita kepada Allah Ta’ala.
  2. Semakin menyadari bahwa setiap perbuatan akan diminta pertanggungjawabannya sehingga kita akan berhati-hati dalam berbuat.
  3. Semakin bersemangat dalam melaksanakan amalan-amalan kebaikan karena adanya ganjaran yang besar dari Allah Ta’ala.
  4. Berjuang untuk selalu berusaha dalam menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif karena disana ada balasan yang berupa adzab dan siksa.

Faidah Beriman Kepada Hari Kiamat Lainnya

  • Menjadi semakin sadar bahwa tujuan kita hidup adalah untuk beribadah hanya kepada Allah Ta’ala, Tuhan Semesta Alam.
  • Semakin bersemangat untuk bersedekah karena percaya dan yakin bahwa ganjaran dari sedekah akan sangat bermanfaat di akhirat kelak.
  • Senantiasa muhasabah (intropeksi diri) karena setiap amalan yang kita lakukan di dunia ini akan dihisab (diperhitungkan) kelak di akhirat.
  • Dan tentunya masih banyak lagi faidah-faidah yang bisa kita dapatkan dari mengaplikasikan keimanan kita kepada hari kiamat.

Tulisan Lainnya : Faidah Iman Kepada Allah

Mungkin hanya sekian saja tulisan kami mengenai materi ini, semoga tulisan kali ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian yang budiman.

Sharing is caring!

Leave a Reply