Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menginformasikan sesuatu mengenai beberapa hasil perkebunan Indonesia yang perlu kita tahu.

Untuk itu mari kita bersama-sama simak ulasannya yang berikut ini:

Hasil Perkebunan Indonesia
Sumber Gambar dari Flickr

Mengenali Perkebunan di Indonesia

Sebelum kita membahas mengenai perkebunan di Indonesia, ada baiknya kita membahas secara singkat perkebunan itu sendiri.

Menurut Wikipedia, perkebunan diartikan sebagai suatu kegiatan bercocok tanam pada tanah atau media tertentu, mengolahnya, dan memasarkan hasilnya dengan bantuan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan permodalan guna mencapai tujuan yaitu kesejahteraan para pemangku kepentingan.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak tulisannya disini.

Untuk luas perkebunan secara keseluruhan di Indonesia ini saya belum bisa mendapatkan datanya, namun yang pasti ada luas lahan perkebunan untuk tanaman tertentu yang bertambah dan ada yang berkurang.

Seperti misalnya luas lahan perkebunan kelapa sawit yang senantiasa bertambah dari tahun ke tahunnya. Pada tahun 1995 luasnya kurang dari 1 juta hektar, dan pada tahun 2018 menjadi sekitar 8,5 juta hektar atau lebih.

Berbanding terbalik dengan perkebunan tebu yang semakin lama semakin berkurang. Pada tahun 2018, kebun tebu luasnya sekitar 181,7 ribu hektar, jauh berkurang dari tahun 1995 yang luasnya hampir setengah juta hektar.

Data-data lengkap mengenai hal ini bisa kamu baca disini.

Namun saat ini saya tidak membahas panjang mengenai hal itu, saya akan menginformasikan terkait dengan produk-produk perkebunan Indonesia.

Baca Juga : Mengenali Hasil Perikanan Indonesia

Tentunya dengan mengenali hasil-hasil bumi perkebunan Indonesia, kita semakin mencintai Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

10 Hasil Perkebunan Indonesia

  1. Karet.
  2. Kelapa sawit.
  3. Coklat.
  4. Kopi.
  5. Teh.
  6. Kina.
  7. Tebu.
  8. Tembakau.
  9. Pala.
  10. Lada

Dan tentunya masih banyak lagi hasil-hasil perkebunan Indonesia ini seperti misalnya kakao, pisang, anggur, anggrek, kapas, kopra, merica, kapuk, vanili, cabai, durian, mangga, nanas, zaitun, dan yang lainnya.

Tulisan Lainnya : Inilah Hasil Pertambangan Indonesia

Mungkin cukup sekian saja tulisan saya mengenai produk-produk perkebunan Indonesia yang tentu saja perlu untuk kita ketahui bersama.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua para pembaca yang budiman, terima kasih atas kunjungannya.

Sharing is caring!

(Visited 86 times, 1 visits today)

Leave a Reply