Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan informasi yang terkait dengan faktor-faktor penghambat integrasi nasional yang harus kita tahu.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama informasi yang berikut ini.

Faktor Penghambat Integrasi Bangsa
Sumber Gambar dari Flickr

Pentingnya Integrasi Nasional

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan suatu hal yang penting dalam menciptakan negara yang aman, nyaman, tenang, dan sejahtera.

Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika para founding fathers negeri ini menjadikan “Persatuan Indonesia” sebagai salah satu poin dari landasan idil negeri ini yaitu Pancasila sila yang ke 3 yang sudah kita ketahui bersama.

Dalam perjalanannya, proses integrasi sebuah bangsa tidaklah mulus karena ada saja faktor-faktor yang membuat ini semua menjadi terhambat.

Namun ini semua hendaknya tidak menjadi halangan untuk kita. Tapi sebaliknya, kita semakin termotivasi dan bersemangat untuk senantiasa bersatu padu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5 Faktor Penghambat Integrasi Bangsa

1. Heterogenitasnya Masyarakat Indonesia

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara dengan masyarakat yang heterogen atau beranekaragam seperti perbedaan budaya, daerah, suku, rasa, bahasa, agama, kepercayaan, dan yang lainnya.

Hal ini sedikitnya bisa memicu perbedaan cara pandang masyarakat kita yang dapat menimbulkan konflik horizontal ditengah-tengah masyarakat.

2. Luasnya Wilayah di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa luasnya wilayah di Indonesia menjadikan komunikasi antara daerah yang satu dengan daerah yang lain menjadi sedikit terhambat. Selain itu, keterhubungan antara satu daerah dengan daerah yang lainnya juga sulit untuk dijangkau, kalaupun bisa perlu investasi besar.

3. Adanya Ancaman dari Luar

Faktor penghambat integrasi Bangsa Indonesia tidak hanya datang dari dalam saja melainkan juga dari luar. Ada saja pihak-pihak luar yang tidak menginginkan Indonesia menjadi negara yang bersatu padu dalam bingkai NKRI.

4. Besarnya Jurang Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial ini masih menjadi masalah pelik bagi Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari besarnya jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, proses pembangunan nasional yang dirasa kurang merata, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya membuat lunturnya rasa senasib sepenanggungan, hilangnya rasa tepa selira, tidak adanya rasa simpati dan empati, yang bisa jadi membuat semakin sulitnya proses integrasi di Indonesia ini.

5. Adanya Pahan Etnosentris

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini masih ada saja paham etnosentris yang menganggap budayanya lebih baik daripada budaya lainnya. Tentunya ini bisa membuat kita semakin terpecah dan menghambat proses persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia tercinta.

Kamu Tahu Faktor Penghambat Integrasi Bangsa yang Lainnya?

Salah satu hal yang membuat kita semakin lemah dalam persatuan dan kesatuan adalah lemahnya nilai-nilai budaya bangsa Indonesia ini seperti misalnya gotong royong, kerja bakti, tepa selira, empati dan yang semisalnya.

Dan jika kamu mengetahui aspek-aspek yang lainnya silahkan bisa memberikan masukan dalam kolom komentar yang ada di bawah ini.

Mungkin hanya sekian saja tulisan kami terkait dengan faktor penghambat integrasi bangsa, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Sharing is caring!

Leave a Reply