Pada kesempatan kali ini, saya akan menginformasikan mengenai beberapa contoh dari kewirausahaan yang tentunya perlu untuk kita tahu.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama tulisannya berikut ini.

Contoh Kewirausahaan
Sumber Gambar dari Flickr

Mengenali Lebih Jauh Seputar Kewirausahaan

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenali contoh-contoh kewirausahaan, ada baiknya kita kita mengenali kewirausahaan itu sendiri.

Definisi kewirausahaan menurut Schumpeter adalah praktik di dalam membuat organisasi yang baru atau merevitalisasi organisasi yang lama di dalam hal bisnis guna menangkap setiap peluang yang ada di pasar.

Schumpeter sendiri merupakan seorang ekonom Austria-Amerika dan juga ilmuwan politik yang pemikiran-pemikirannya banyak dijadikan sebagai referensi.

Setelah kita mengetahui apa itu kewirausahaan, langsung saja kita simak bersama contoh-contoh dari kewirausahaan itu sendiri, lets check this out:

Baca Juga : Inilah Ruang Lingkup dari Kewirausahaan

Contoh Kewirausahaan yang Seharusnya Kamu Tahu

1. Nasi Goreng

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa bisnis kuliner itu tidak ada matinya karena kuliner (pangan) adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Ini adalah peluang yang bisa dimanfaatkan, terbukti saat ini banyak pemain besar.

Mengingat bisnis kuliner (terlebih nasi goreng) adalah bisnis yang banyak kompetitornya (red ocean) maka harus bisa memberikan diferensiasi kepada bisnisnya, misalnya produknya dengan menambahkan sesuatu, dll.

2. Pangkas Rambut

Tentunya setiap orang ingin sekali nampak rapi di depan umum, dan ini adalah peluang yang dilihat oleh pangkas rambut. Kalau hanya memiliki modal kecil, kita bisa memulainya dengan kita menjadi tukang cukurnya. Kita bisa belajar dari banyak tutorial yang ada di internet atau langsung ke tukang cukurnya.

Seiring dengan meningkatnya profit, kita bisa investasikan modalnya dengan mempekerjakan tukang cukur, meningkatkan skill manajerial kita, networking, dll.

3. Jus Buah

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis, jadi pas banget jika berbisnis minuman yang menyegarkan misalnya saja jus buah. Marjin dari jus buah itu lumayan besar namun resikonya juga besar karena buah itu mudah sekali rusah, kompetitornya yang begitu banyak, sepinya pembeli ketika musim hujan, dll.

4. Laundry

Pada umumnya, orang ingin kemudahan, maka dari itu tidak heran jika usaha laundry itu menjamur karena orang tidak mau mencuci, menyetrika, dll. Biasnaya usaha ini banyak dijumpai disekitar kampus, perkantoran, pemukiman, dll.

Memang benar jika bisnis laundry memerlukan modal yang relatif banyak, namuan potensi keuntungannya juga lumayan besar. Selain itu, usaha ini adalah usaha yang berkelanjutan, artinya setiap harinya ada saja yang butuh laundry.

5. Warung Kopi atau Teh.

Membukan usaha warung kopi dan teh saat ini masih menjanjikan, asalkan kita bisa tahu placing yang tepat misalnya dekat kampus, kantor, perumahan, dll. Karena sudah banyaknya kompetitor, maka harus ada diferensiasinya.

Membuka usaha warung kopi memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun kita bisa memulainya dengan membuat stand atau booth.

Tulisan Lainnya : Inilah Faktor Keberhasilan Kewirausahaan

Beberapa Contoh Kewirausahaan yang Lainnya

  • Cuci motor atau mobil.
  • Menjadi reseller produk.
  • Jasa pembayaran tagihan secara online.
  • Dropshipping produk.
  • Menjual bakso atau mie ayam.
  • Jasa foto (keluarga, kampus, pernikahan, dll)
  • Jasa desain grafis.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin hanya sekian saja tulisan kami mengenai beberapa contoh dari kewirausahaan, semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang budiman. Terima kasih dan sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

Sharing is caring!

Leave a Reply