Apakah yang Dimaksud dengan Iklan? Jawabannya Disini

Apa yang Dimaksud dengan Iklan

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dengan ringkas mengenai apakah yang dimaksud dengan iklan untuk kamu semuanya.

Tentunya kami berharap tulisan kami berikut ini bisa menambah khazanah pengetahuan kamu khususnya mengenai periklanan yang seringkali kita saksikan.

Okeh langsung saja kita simak bersama infonya yang berikut ini.

Sumber Gambar ini dari Situs Blue Diamond Gallery

Apakah yang Dimaksud dengan Iklan?

Pertanyaan semacam itu dan semisalnya merupakan pertanyaan-pertanyaan yang banyak ditanyakan di dalam mesin pencari seperti Google, termasuk kamu juga kan?

Tenang saja! hal ini tentunya tidak mengapa, malah ini menunjukan bahwa kamu adalah orang yang selalu ingin tahu akan hal-hal positif seperti ilmu dan pengetahuan.

Oke langsung saja kita kepada inti dari pertanyaannya yaitu “apakah yang dimaksud dengan iklan?”.

Mari kita mengambil definisi iklan dari ahlinya yang bernama George Belch and Michael Belch di dalam buku mereka yang sangat populer yang berjudul Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective.

Definisi iklan menurut Belch & Belch adalah “space or time that is bought by an identified sponsor to use any form of nonpersonal communication elements (e.g., television, radio, magazines, or newspapers) to deliver messages to a large number of individuals of potential consumers, frequently at the same time about an organisation, product or service.”.

Kalau kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kurang lebih artinya “ruang atau iklan yang dibeli oleh sponsor yang sudah diketahui dengan menggunakan elemen-elemen komunikasi secara non-personal (seperti televisi, radio, majalah atau koran) untuk menyampaikan pesan-pesan kepada individu yang banyak yang notabene adalah konsumen yang potensial, secara terus menerus di waktu yang bersamaan mengenai sebuah organisasi, produk atau jasa.”.

Apa Saja Media yang Bisa digunakan Untuk Beriklan?

Dari definisi iklan yang dikemukakan oleh Belch & Belch kita dapat mengetahui beberapa contoh dari media yang digunakan untuk berikalan (dalam bahasa mereka adalah elemen-elemen komunikasi).

Media-media yang bisa digunakan untuk beriklan antara lain adalah televisi, radio, majalah, koran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Secara umum, media yang digunakan untuk beriklan terbagi menjadi dua bagian yang besar, pertama adalah media cetak dan yang kedua adalah media elektronik.

Contoh dari media cetak yang banyak digunakan untuk beriklan adalah koran, majalah, tabloid, brosur, pamflet, baligo, spanduk, dan yang lainnya.

Sedangkan contoh dari media elektronik yang banyak digunakan untuk beriklan seperti internet, website, blog, televisi, radio, dan yang lainnya.

Lalu Apa Tujuan dari Beriklan?

Pada intinya, iklan digunakan dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan sebuah produk (baik barang atau jasa) kepada khalayak ramai.

Jika iklan itu dibuat oleh perusahaan, tentu tujuannya adalah agar bisa membuat masyarakat menjadi suka dan tertarik sehingga akhirnya membeli produk tersebut.

Jika iklan itu dibuat oleh pemerintah, tentu tujuannya adalah menginformasikan segala bentuk kebijakan-kebijakan atau program-program pemerintah kepada masyarakat.

Jika itu dibuat oleh perorangan, pada umumnya dibuat dengan tujuan personal branding dirinya, biasanya orang ini memiliki suatu keahlian tertentu.

Mungkin sekian saja ulasan ringkas kami mengenai iklan dan hal-hal terkait lainnya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada tulisan kami berikutnya.

(Visited 12 times, 1 visits today)
You May Also Like