Apakah Tujuan Dibentuknya ASEAN? Jawabannya Disini

Apa Tujuan Dibentuknya ASEAN

Artikel kami yang berikut ini akan menginformasikan mengenai apakah tujuan dibentuknya ASEAN yang tentu saja baik untuk kita ketahui bersama.

Semoga dengan membaca referensi ini semakin meningkat khazanah pengetahuan kita, khususnya mengenai hal-hal yang terkait dengan ASEAN.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama uraian ringkasnya yang satu ini.

Sumber Gambar dari Wikimedia Commons

Sekilas Mengenai Organisasi ASEAN

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai tujuan dibentuknya organisasi ASEAN, sebaiknya kita mengenali ASEAN itu sendiri, setuju kan?

Ya, ASEAN merupakan singkatan dari Association of SoutEast Asian Nations, yang kalau kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia artinya adalah organisasi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN juga memiliki istilah lain yaitu PERBARA, yang merupakan sebuat kependekan dari Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

ASEAN didirikan atas dasar Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 dimana Indonesia merupakan salah satu pemrakarsa berdirinya organisasi ini.

Apakah Tujuan Dibentuknya ASEAN?

Setelah kita mengetahui dengan ringkas mengenai ASEAN itu sendiri, sekarang kita lansung kepada materi terkait dengan tujuan dibentuknya ASEAN.

Dan di bawah ini adalah beberapa poin dari tujuan dibentuknya ASEAN yang sudah barang tentu perlu untuk kita ketahui dan juga ingat-ingat:

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Memelihara perdamaian dan kestabilan dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitan di bidang pendidikan, kejuruan, teknik, dan administrasi.
  5. Untuk kerjasaman yang lebih efektif dalam mencapai daya guna yang lebih besar dalam bidang pertanian, industri, dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, peningkatan fasilitas transportasi dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup masyarakat.
  6. Mempromosikan studi-studi mengenai Asia Tenggara.
  7. Memelihara kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional yang ada yang memiliki kesamaan tujuan, serta mencari cara untuk menjalin kerjasama yang lebih erat lagi dengan mereka.

Perlu untuk digarisbawahi bahwa tujuan-tujuan yang kami sebutkan di atas tercantum dalam Deklarasi Bangkok yang merupakan kesepakatan bersama.

Siapa Saja Tokoh Pendiri ASEAN

Berikut ini adalah nama-nama tokoh pendiri ASEAN dan juga negaranya yang perlu untuk kita ketahui dan juga kenali :

  1. Adam Malik, yang merupakan perwakilan dari Negara Indonesia.
  2. Tun Abdul Razak, yang merupakan perwakilan dari Negara Malaysia.
  3. S. Rajaratnam, yang merupakan perwakilan dari Negara Singapura.
  4. Thanat Khoman, yang merupakan perwakilan dari Negara Thailand.
  5. Narciso Ramos, yang merupakan perwakilan dari Negara Filipina.

Mungkin hanya sekian saja informasi dari kami mengenai tujuan dibentuknya ASEAN, semoga ini bisa bermanfaat untuk kamu semua para pembaca yang budiman.

(Visited 30 times, 1 visits today)
You May Also Like