Apa Saja Sumber Daya Alam Itu? Inilah Jawabannya

Apa-Saja-Sumber-Daya-Alam-Itu

Bersamaan dengan ini akan kami sampaikan inforamsi dengan jelas mengenai apa saja sumber daya alam itu dan hal-hal lain yang terkait dengannya.

Semoga ulasan ringkas kami ini bisa memberikan referensi dan juga rujukan untuk teman-teman sekalian mengenai sumber daya alam pada khususnya.

Oke langsung saja kita kepada materi yang berikut ini, check this out:

Sumber Gambar dari Situs Wikipedia Commons

Apa Saja Sumber Daya Alam Itu?

Sebelumnya tentu baik untuk kita mengetahui pengertian atau definisi dari sumber daya alam itu sendiri secara ringkasnya, setuju kan?

Sumber daya alam bisa kita definisikan sebagai segala sesuatu yang ada di alam ini yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya adalah nasi yang kita makan sehari-hari berasal dari tanaman padi di sawah, air yang kita konsumsi setiap harinya berasal dari air bawah tanah, komputer yang kita gunakan berasal dari material yang ada di perut bumi (pertambangan), dan yang lainnya.

Oleh karena itu kita sangat bergantung kepada alam ini, untuk itu perlu bagi kita menjaga dan melestarikan alam, utamanya yang ada disekitar kita.

Baca Juga : Mengenali Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Setelah kita membahas dengan singkat mengenai pengertian dari sumber daya alam, sekarang kita lanjut kepada materi jenis-jenis sumber daya alam.

Secara umum, sumber daya alam terbagi ke dalam dua jenis yaitu sumber daya alam biotik dan sumber daya alam abiotik.

Sumber daya alam biotik adalah sumber daya alam yang hidup seperti misalnya ayam, sapi, kerbau, padi, jagung, pisang, teh, kopi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan sumber daya alam abiotik adalah sumber daya alam yang tidak hidup seperti misalnya emas, perak, nikel, minyak bumi, alumunium, dan yang lainnya.

Baca Juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Contohnya

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Sumber daya alam juga bisa kita bedakan berdasarkan sifatnya menjadi 3, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya alam kekal.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui artinya sumber daya alam ini bisa dibuat atau dipulihkan kembali seperti cengkeh, kina, jeruk, strawberry, dan lainnya.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui artinya sumber daya alam ini tidak bisa dibuat atau dipulihkan kembali seperti batubara, besi, baja, dan lainnya.

Sumber daya alam kekal artinya sumber daya alam ini bisa digunakan terus menerus dan tidak akan pernah habis seperti sinar matahari, gelombang air laut, dan lainnya.

Mungkin hanya sekian saja informasi dari kami mengenai sumber daya alam dan hal-hal lain yang terkait dengannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

(Visited 26 times, 1 visits today)
You May Also Like