Apa Fungsi Iklan? Jawabannya Disini Untuk Kamu Tahu

Apa Fungsi Iklan

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas dengan singkat mengenai beberapa fungsi iklan yang perlu untuk kamu ketahui bersama.

Tentunya saja kami berharap dengan tulisan ini para pembaca sekali akan semakin bertambah khazanah pengetahuannya seputar iklan dan hal-hal terkait lainnya.

So, langsung saja kita simak bersama ulasannya yang satu ini.

Apa Fungsi Iklan
Sumber Gambar dari Pic Pedia Dor Org

Sekilas Info Mengenai Iklan

Tentu ada baiknya bagi kita untuk mengulas dengan singkat mengenai iklan itu sendiri sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa fungsi dari iklan.

Sebelumnya kita akan mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi dari iklan seperti yang dikemukakan oleh ahli komunikasi yang bernama Courtland L Bovée.

Definisi iklan menurut Bovée adalah “the nonpersonal communication of information usually paid for and usually persuasive in nature about products, services or ideas by identified sponsors through the various media.”.

Atau kalau dibahasa Indonesiakan artinya “komunikasi non personal dari sebuah informasi yang biasanya berbayar dan bersifat persuatif (secara alami) mengenai produk, jasa, ide dari sponsor melalui berbagai media.”.

So, kamu sudah tahu kan arti dari iklan itu sendiri?

Apa Fungsi Iklan? Jawabannya Disini

Setelah kita mengetahui definisi dari iklan yang dikemukakan oleh ahlinya, sekarang langsung kepada materi fungsi dari iklan itu sendiri.

Secara umum, fungsi dari iklan yang dimaksud disini adalah diperuntukkan untuk aktifitas bisnis seperti misalnya untuk perusahaan, produsen, penjual dan semisalnya.

Dan di bawah ini adalah beberapa fungsi iklan:

  1. Memberikan informasi kepada konsumen seputar produk yang diiklankan.
  2. Menarik perhatian konsumen akan produk yang diiklankan tersebut.
  3. Membuat para konsumen suka kepada produk yang diiklankan.
  4. Membuat konsumen melakukan tindakan untuk membeli produk.
  5. Memberikan nilai tambah akan produk yang diiklankan tersebut.
  6. Memberikan persepsi (image) yang positif mengenai produk tersebut.

Dan tentunya masih banyak lagi fungsi lainnya dari sebuah iklan yang dipublikasikan. Nah jika kamu mengetahui yang lainnya bisa tulis di kolom komentar di bawah ini.

Lalu, Apa Manfaat Iklan Bagi Konsumen Itu Sendiri?

Perlu digaris bawahi bahwa iklan tidak hanya memberikan manfaat kepada pelaku bisnis seperti perusahaan, produsen, penjual dan yang semisalnya.

Para konsumen juga diuntungkan dengan adanya iklan yang dipublikasikan di media. Dan di bawah ini adalah beberapa manfaat iklan bagi konsumen.

  1. Konsumen menjadi tahu informasikan akan produk tersebut.
  2. Konsumen mengetahui keunggulan-keungulan produk.
  3. Konsumen mengetahui harga produk yang diiklankan.
  4. Konsumne tahu kapan dan dimana produk tersebut dijual.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya dari iklan untuk konsumen.

Mungkin hanya sekian saja ulasan kami terkait dengan fungsi sebuah iklan, semoga ulasan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada tulisan kami berikutnya.

(Visited 81 times, 7 visits today)
You May Also Like