Allah Al-Khaliq Artinya? Inilah Jawabannya

Allah Al-Khaliq Artinya
Sumber Gambar dari Flickr

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, izinkan saya untuk menginformasikan sesuatu yang penting terkait dengan arti dari Al-Khaliq dari Allah Ta’ala yang tentu saja perlu untuk kita ketahui bersama.

Maka dari itu, langsung saja kita simak bersama tulisannya yang satu ini.

Allah Al-Khaliq Artinya
Sumber Gambar dari Flickr

Allah Al-Khaliq Artinya? Inilah Jawabannya

Al-Khaliq merupakan kata dalam Bahasa Arab yang artinya Maha Pencipta, dan ini merupakan satu dari sekian banyak nama-nama baik bagi Allah (atau yang disebut dengan asmaul husna) yang sudah seharusnya kita ketahui.

Al-Khaliq ini adalah nama dan sifat Allah Ta’ala, dia adalah dzat yang menciptakan alam semesta ini, termasuk langit dan bumi yang ada di dalamnya.

Dalil Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai penciptaan bumi, langit dan seisi semesta ini adalah Surat As-Sajdah ayat yang ke 4.

Sumber Gambar dari TafsirQ

Dari firman Allah tersebut kita bisa mengetahui bawah dialah Allah dzat yang menciptakan apa-apa yang ada di bumi, di langit, dan diantara keduanya. Kemudian Allah bersemayam disebuah tempat yang dinamakan Arsy.

Jadi, jika ada pertanyaan yang berbunyi “Al-Khaliq artinya?” maka jawablah

Maha Pencipta

Nama-nama Makhluk Ciptaan Allah Ta’ala

Setelah kita membahas mengenal Al-Khaliq yang memiliki arti Maha Pencipta, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja makhluk-makhluk ciptaan Allah yang ada di alam semesta ini.

  • Manusia.
  • Hewan.
  • Tumbuhan.
  • Gunung.
  • Laut.
  • Danau.
  • Sungai
  • Udara.
  • Tanah.
  • Batu.
  • Air

Dan tentunya masih banyak lagi ciptaan-ciptaan Allah lainnya yang sudah seharusnya kita ketahui sebagai wujud takjub kita kepada ciptaan-Nya.

Apa Contoh atau Bukti Bahwa Allah Al-Khaliq?

Untuk mendapatkan contoh atau bukti bahwa Allah itu Al-Khaliq haruslah bersandarakan kepada dua hal yang fundamental yaitu dalil dan akal.

Untuk dalilnya kita merujud kepada QS Al-Hasyr Ayat 24 yang artinya

“Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”.

Sedangkan untuk akalnya adalah memahami bahwa jika ada makhluk pasti ada khaliq, jika ada yang diciptakan pasti ada yang menciptakan.

Manusia, hewan, tumbuhan, bumi, langit dan semuanya selain Allah adalah makhluk (yang diciptakan) dan sebagai Sang Maha Pencipta adalah Allah Ta’ala.

Mungkin hanya sekian saja tulisan saya seputar hal ini, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada teman-teman para pembaca yang budiman.

(Visited 70,139 times, 7 visits today)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like